TERBARU :

ELEKTRONIK

DESAIN WEBLOG

KOMPUTER

» » Cara Mengecek Tranformator ( Trafo ) Baik Atau Rusak



Penjelasan artikel singkat ini saya khususkan bagi pemula yang baru mengenal elektronika. Bagi yang sudah tau mungkin sudah hal biasa dan mungkin tidak perlu di pelajari lagi. Selain kita tau prinsip kerja setiap komponen elektronika kita juga harus tau bagaimana kondisi komponen tersebut, apakah masih layak di gunakan atau sudah rusak. Maka di perlukan pengecekan komponen. Pengecekan ini ada 2 tahapan yaitu pengecekan melihat secara fisik dan pengecekan dengan alat . Dalam hal ini saya akan membahas tentang cara mengecek trafo adaptor.

Trafo adaptor teriri dari 2 kumparan yaitu kumparan primer dan skunder. komponen utama pada trafo ini adalah kawat email yang di lilit/digulung pada koker. jika ada masalah pada kawat email, baik itu terputus terbakar dan konslet tentu trafo tidak akan bekerja. Nah untuk mengetrahui bagaimana kondisi trafo apakah masih layak di gunakan atau tudak bisa di lakukan tahap berikut ini.

Pengecekan secara fisik

Pengecekan ini dilakaukan bila trafo terbakar . kerusakan ini bisanya memberi tanda pada koker yang mulai leleh dan lilitan yang gosong. Selain itu jika trafo di hubungkan ke listrik MCB akan ngetrip. Jika terjadi kasusu seperti ini trafo tidak bisa di perbaiki harus di ganti yang baru dan harus di spul ulang.

Pengecekan dengan alat

Pengecekan ini lebih teliti dari pada pengecekan secara fisik. Alat yang di gunakan adalah multitester .
penjelasan multitester secara detail akansaya bahas pada artikel selanjutnya .
Untuk langkah pengecekan berikut dari tahapannya:
  • Siapkan multitester dan atur saklar pemilih pada ohm meter kali satu.
  • lakukan adjusment posisi 0 pada ohm meter 
  • Siapkan trafo yang akan di cek . 
  • pengecekan lilitan primer. hubungkan pena tes hitam ke terminal 0 dan merah ke terminal 220 pada lilitan primer. Kemudian pena test warna merah di pindah ke teras besi (body) dan lilitan skunder. Lilitan primer dalam kondisi baik jika ketika di test pada pena test hitam ke terminal 0 dan pena test merah pada terminal 220 jarum akan bergerak menunjukan tahanan tertentu dan ketika pena test warna merah di pindah ke body dan lilitan skunder jarum tidak bergerak.
  • Pengecekan lilitan skunder. Hubungkan pena test hitam pada posisi 0/ct dan warna merah di hungkan ke terminal tegangan terendah sampai tertinggi secara bergantian ( 6 v, 9v, 12v, 15v, 18v dll ). Kalau sudah selesai pindahkan pena test warna merah ke body dan lilitan primer . Dari hasil pengukuran lilitan skunder dalam kondisi baik jika pengukuran pena test hitam posisi 0/ct dan warna merah ke posisi masing-masing terminal jarum bergerak menunjukan posisi 0 dan jika pena test merah di pindah ke posisi body dan terminal lilitan primer jarum tidak bergerak.
  • Jika hasil pengukuran antara lilitan primer dan skunder sama seperti di atas maka trafo dikatakan masih layak di gunakan


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

MOHON DIPERHATIKAN

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN SOPAN

  1. Bila Berkomentar / Bertanya Gunakan Bahasa Yang Baik dan Sopan.
  2. Jangan Menambahkan Link Aktif Pada Kotak Komentar.
  3. Pertanyaan Yang Menyimpang Tidak Akan Di Jawab dan Akan Kami Hapus Segera.
  4. Tidak Melakukan Promosi / Beriklan Di Website Kami.
  5. Gunakan Nama Jelas dan Email Yang Jelas.

Terima Kasih Atas Kerjasamanya
Pimpinan LKP RIFTON METRO


SELAMAT DATANG DI WEBSITE RIFTON CENTER EDUCATION, PUSAT KURSUS KETERAMPILAN ELEKTRONIK DAN KOMPUTER | ALAMAT : JL.HASANUDDIN 21C YOSOMULYO METRO PUSAT, LAMPUNG - INDONESIA | TELP: 0858 4112 4343