Cara Mudah Reset MikroTik

Melakukan reset mikrotik tidaklah terlalu susah tetapi sedikit perlu ketelitian dalam mengerjakan. Kapan dibutuhkan saat melakukan reset mikrotik?..
 Gambar terkait
Terkadang efek pemakaian yang sudah cukup lama dan jarang dimatikan biasanya suka hang atau tidak bekerja, Sering gonta ganti skrip konfigurasi mikrotik dalam waktu yang singkat dan yang paling sering dilakukan ialah saat hendak melakukan konfigurasi ulang mikrotik secara full/keseluruhan.

Faktor lupa pada Username dan Pasword mikrotik juga biasanya seorang admin akan melakukan reset pada mikrotik.

Untuk melakukan reset sendiri bisa dilakukan dengan beberapa metode, kita akan bahas satu persatu untuk cara-cara reset nya.

Cara Reset MikroTik Dengan Console/Terminal Winbox:

Syarat utama agar bisa melakukan Reset Konfigurasi Mikrotik melalui Winbox ialah kita bisa login kedalam mikrotik menggunakan winbox dengan user “full”, untuk cara reset mikrotik lewat winbox bisa lakukan dengan perintah dibawah ini:
/system reset
Jika ingin agar setelah mikrotik di reset tidak perlu ada default konfigurasinya, maka bisa dilakukan dengan perintah berikut:




/system reset-configuration no-default=yes
Setelah anda berhasil melakukan reset dengan cara di atas maka secara otomatis semua konfigurasi di mikrotik tidak ada sama sekali.

Cara Reset MikroTik Dengan Tombol Reset di box RouterBoard:

reset mikrotik - tombol
Melakukan Reset MikroTik dengan bantuan tombol ini biasanya karena kita tidak tahu / lupa username dan pasword mikrotik sehinggan cara yang pertama tadi tidak bisa dilakukan.
Tombol Reset pada RouterBoard sering kita jumpai pada beberapa seri, namun sayangnya tidak semua seri RouterBoard dilengkapi dengan Tombol Reset hanya beberapa saja.
Cara Reset Mikrotik ini biasanya pada Seri RB750, RB450, hAP lite, Hex lite bisa dilakukan dengan tombol yang sudah ada pada box nya.
Untuk langkah-langkah nya anda bisa ikuti dengan cara berikut:
  • Siapkan Pensil / Bolpain atau apa aja yang penting ukuran tidak terlalu besar dengan tombol reset.
  • Pasa posisi power MikroTik mati / kabel power MikroTik di cabut
  • Tekan / dorong dengan pensil Tombol Reset (lihat gambar diatas), dan tahan jangan dulu dilepas
  • Sambungkan power /adapter mikrotik dengan posisi tombol reset masih tetap di tekan
  • Biarkan Mikrotik tetap menyala sambil tombol reset di tahan sekitar 10 – 20 detik an
  • Saat Lampu ACT tidak berkedip barulah anda bisa lepas tombol reset nya
Ciri Mikrotik telah selesai di reset ialah, semua konfigurasi yang sudah ada sebelumnya maka secara otomatis sudah hilang dengan sendirinya.

Cara Reset MikroTik Dengan Jumper:

reset mikrotik - jumper

Hampir dari semua Seri mikrotik anda bisa melakukan reset dengan cara jumper. Untuk cara reset mikrotik dengan Jumper anda dibutuhkan tenaga extra dan fokus, karena langkah untuk reset dengan mode jumper anda harus membuka casing mikrotik nya terlebih dulu, ketika anda sudah membuka casingnya maka di area board mikrotik ada sebuah lempengan kecil kuning yang melingkar tapi tidak terhubung (lihat gambar diatas) untuk meresetnya anda cukup sediakan obeng lalu tempatkan obeng tersebut seperti gambar diatas. Cara reset dengan jumper ini biasanya di lakukan pada seri mikrotik yang tidak ada tombol reset nya seperti mikrotik RB1100.

Reset MikroTIk Dengan NetInstall

Ketika anda sudah mencoba dari 3 metode diatas namun anda tetap gagal melakukan reset mikrotik, maka pilihan terakhir adalah dengan melakukan NetInstall atau biasa di sebut dengan cara insgall ulang. Untuk cara NetInstall tidak dibahas pada artikel ini, Untuk NetInstall ada artikel terpisah.

Demikian sedikit informasi dari kami mengenai cara Reset MikroTIk pada beberapa Seri RB. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat pembaca semuanya. Mohon maaf bila ada kata yang salah baik di sengaja ataupun tidak. Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini jika ada pertanyaan seputar artikel di atas.
Terimakasih atas kunjungannya.
Tags