Install dan Konfigurasi MikroTik di VirtualBox

VirtualBox adalah program virtualisasi yang bisa kita install sistem operasi “tambahan” pada mesin utama (host). Virtualbox (mesin virtual) dapat digunakan untuk mengoperasikan beberapa OS seperti linux Ubuntu, Windows dll.
 Hasil gambar untuk Install dan Konfigurasi MikroTik di VirtualBox
VirtualBox sangat berguna untuk melakukan simulasi dan uji coba misal saat ingin melakukan konsep instalasi sebuah jaringan internet pada suatu tempat, dan yang paling sangat membantu adalah ketika kita hendak belajar suatu OS seperti Mikrotik kita masih bisa oprek walaupun dalam kenyataan kita tidak mempunyai alat tersebut. Dengan VirtualBox kita bisa melakukan uji coba tanpa harus ada perangkat real hardware (perangkat nyata). VirtualBox sendiri tidak berbayar alias gratis (GNU Licence) dan program ini di kembangkan oleh “Oracle Corporation”, situs resminya anda bisa lihat disini.
 Hasil gambar untuk Install dan Konfigurasi MikroTik di VirtualBox
Itulah sedikit ulasan mengenai VirtualBox, dan kali ini kami akan berbagi Tips & Trik cara install MikroTik pada mesin virtual (Virtual Machine) untuk aplikasi / program virtual yang akan di gunakan nantinya adalah VirtualBox.

Untuk mengawali tutorial ini beberapa peralatan pastikan anda sudah ada.




  • VirtualBox –> pastikan Virtualbox anda sudah di install dan berjalan dengan baik. anda bisa download VirtualBox disini, Untuk cara install virtualbox kami tidak menjelaskan langkah-langkahnya.
  • ISO MikroTik –> jika belum punya silahkan anda bisa download disini, pastikan saat anda download jangan sampai salah, pilihlah type ISO jangan ZIP atau NPK.

Install MikroTik Di VirtualBox

Langkah – langkah untuk instalasi MikroTik di VirtualBox silahkan ikuti dibawah ini:
  • Buka VirtualBox, dan disarankan “Run as administrator”
  • klik menu “baru” atau “new”. pada kolom “nama” isi MikroTik, pada kolom “type” pilih other, kolom “versi” pilih other/unknow
  • lihat gamber berikut:
    virtualbox
    mikrotik di virtualboxvirtualbox3virtualbox4
    virtualbox5
  • Sampai disini anda sudah selesai install mikrotik di virtualbox, untuk konfigurasi mikrotik agar tehubung ke internet, atau jika anda masih bingung dengan tahapan di atas, silahkan lihat video dibawah ini yang sudah kami siapkan lebih detail.
Untuk artikel selanjutnya kami akan coba membuat simulasi jaringan internet yang biasa di terapkan di warnet atau sekolah, dengan bantuan program simulasi GNS3

Semoga Tutorial mengenai cara install dan konfigurasi MikroTik di VirtualBox ini bisa membantu pembaca semuanya. mohon maaf bila ada kata atau info yang salah pada artikel di atas. Kritik dan saran kami buka , jika ada permasalahan mengenai artikel di atas silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Jangan lupa subscribe dan share artikel ini jika anda merasa terbantu.
Salam Sukses selalu buat kita semua
Tags