Petunjuk Instalasi pemasangan Mesin TV WCOM

1. Pemasangan kabel defleksi vertikal dan horizontal

  • Sebelum melakukan pemasangan pada kumparan vertikal maupun horizontal cek terlebih dahulu resistensi kumparan vertikal dan horizontal. Resistensi yang di perlukan adalah horizontal  (1,5-2,8 ohm) dan resistensi vertikal  (10-15 ohm) . jika resistensi tidak sesuai di atas di sarankan untuk menggantinya dengan yang lain , yang sesuai .
  • Setelah resistensinya di ukur sesuai dengan yang di atas, selanjutnya hubungkan masing-masing kabel horizontal dan vertikal. jangan sampai terbalik karna jika terbalik ic akan rusak.Kabel horizontal biasanya dengan di tandai warna merah dan biru , pemasangan harus benar jika terbalik maka gmbar akan terbalik kiri dan kanannya. Untuk kabel vertikal warnanya putih dan hitam , hubungkan dengan benar jika terbalik maka tampilan gambar akan terbalik atas bawahnya. Untuk masing-masing warna kabel tidak menutup kemungkinan sama dengan yang saya jelaskan di atas , kemungkinan juga bisa berbeda , alangkah baiknya pahami dulu jalur vertikal dan horizontal.
  • Khusus untuk defleksi horizontal , pada mesin ini ada 5 koneksi pilihan, ini dimaksudkan sebagai pilihan lebar gambar horizontal. biasanya ada yang sesuai dan ada juga semuanya yang tidak sesuai.. tentu saja hal ini perlu ada modifikasi sedikit , ada 3 cara untuk memodifikasinya , pertama dengan merubah nilai kapasitor horizontalnya, kedua menambah lilitan di trafo flyback, dan terakhir dengan menggunakan trafo dfleksi. 
  • Untuk vertikal asal resistensinya sesuai dengan di atas tak perlu di modif .ukurun gambar yang terlalu lebar maupun terlalu sempit bisa kita atur dengan menu faktory 
  • Terakhir bila masih kebingungan anda bisa mengganti deflesi yang baru . 

2.  Pemasangan kop flyback

Kop flyback merupakan area tegangan yang berbahaya, harus dilakukan dengan benar. tegangan tinggi ini fungsinya untuk membangkitkan elektroda pada tabung. Sebelum melakukan pemasangan bersihkan dulu bagian tabung yang akan di pasangi kop dengan menggunakan tinner, gunakan lap untuk membersihkan kotoran, usahakan sampai bersih. kalau sudah bersih bisa langsung di pasang kop flybacknya.

3. Pemasangan konektor CRT 

Dalam pemasangan ini lakukan dengan hati-hati, jangan sampai ada kesalahan dalam memasang soketnya sehingga mengakibatkan kerusakan pada tabung. Ada banyak jenis tabung dan memiliki pin yang berbeda tetapi tabung TV modern di bedakan dengan 2 jenis yaitu leher kecil 8 pin dan leher besar pin 10 . Biasanya untuk mesin tv WCOM dari pabriknya menggunakan pin 10 , jika kita ingin memasan pada tabung pin 8 tentu saja harus mengganti soket CRT .

4. Pemasangan konektor tombol, sensor, antena dan konektor RCA dll

Untuk pemasangan semua konektor sudah dilengkapi dengan soket yang berbeda-beda. Tentu hal ini kmemungkinan kecil akan terjadi kesalahan dalam memasang soket.

5. Pengecekan dan setting faktory

Setelah semua terpasang dengan benar , langkah selanjutnya di lakukan pengecekan. hubungkan kabel streker ke listrik dan hidupkan . amati gambar , biasanya setart awal gambar tampak kurang lebar , terlalu lebar dan kurang fokus. untuk mengatasi kurang lebar kanan kiri , ini setingnya tidak bisa dilakukan dengan program harus setting manual, penyetingannya pada rangkaian horizontal seperti yang saya jelaskan pada bagian 1. untuk setting kurang lebar maupun terlalu lebar atas bawah bisa di lakukan dengan setting program , bisa masuk ke menu faktory.. untuk masuk menu faktory bisa di lakukan dengan menekan tombol lubang remot bawaan mesin WCOM , cari menu faktory V SIZE , anda bisa mengatur sesuai kebutuhan . untuk yang lain saya rasa tidak perlu di atur lagi karna sudah settingan pabrik.
Tags