Praktek Sharing Data Antar Laptop

Hasil gambar untuk Sharing Data Antar Laptop
            Pada praktek hari Selasa kemarin, kami disuruh untuk membuat tiga buah laptop dapat saling sharing data menggunakan satu switch. Kami menggunakan kabel LAN tipe straight untuk menghubungkan masing-masing laptop ke switch. Bentuk dari topologi yang kami buat seperti gambar di atas yang kami buat dengan aplikasi Cisco Packet Tracer. Dalam satu kelompok yang beranggotakan 6 orang, kami menggunakan tiga buah IP statis kelas C pada awalnya dan kemudian kami ganti menjadi IP kelas A. Kami berhasil melakukan sharing dengan kedua kelas IP tersebut dengan ketentuan, kalau yang digunakan adalah kelas C maka semua komputer harus di beri IP kelas C. Artinya, harus berada dalam satu kelas IP yang sama dan satu jaringan, 
 
IP yang kami pakai, yaitu:
10.10.10.2
10.10.10.3
10.10.10.4
1. Langkah-Langkah Mensetting IP
1. Pada dekstop, klik pada ikon jaringan yang berada di bagian kanan bawah dekat ikon sound(tergantung PC anda). Setelah itu akan mencul daftar jaringan yang berada di dekat anda, klik Open Network and Sharing Center.



2. Langkah selanjutnya adalah memberi IP pada laptop, caranya klik Local Area Conection pada tab View your active network bagian kanan tengah.
 

3. Akan muncul kotak dialog kecil yang berisi koneksi internet yang anda gunakan. Klik tombol Properties pada tab Activity.

4. Akan muncul kembali kotak dialog kecil, lalu pilih Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4). Lalu klik tombol Properties.
5. Kemudian klik button Use the following IP address, lalu isikan IP adrress yang akan digunakan, contohnya 10.10.10.5 Setelah itu isikan pula subnet masknya contohnya 255.0.0.0. Pada pengisian subnet mask tergantung pada kelas IP yang akan digunakan dan jumlah user yang nantinya dapat terhubung dengan jaringan kita. Setelah IP dan subnetmask terisi,kita di perlu mengisikan gateway maupin lainnya karena kita hanya ingin sharing data antar laptop saja.
2. Langkah-Langkah Pengujian Koneksi
1. Untuk menguji konfigurasi jaringan yang telah kita buat, maka kita harus melakukan perintah “ping” terhadap setiap IP yang kita pakai pada masing-masing laptop. Untuk melakukan perintah ping kita harus membuka comand prompt terlebih dahulu caranya pada desktop, klik tombol Start.
2. Lalu ketikan perintah “run”(tanpa tanda petik) pada kotak search(bagian bawah). Kemudian enter.
3. Setelah itu, ketikan perintah “cmd”(tanpa tanda petik) pada kotak dialog Run. Kemudian Ok.
4. Kita akan pada cmd, disinilah kita menguji konfigurasi IP yang telah kita buat di masing-masing komputer. Caranya ketikan petintah “ping x.x.x.x” (tanpa tanda petik dan x adalah IP yang digunakan). Jika sudah muncul status  Reply from….TTL=64 berarti konfigurasi kita berhasil, namu jika muncul statu Request time out atau Destination host Unrecable itu berarti ada kesalah pada konfigurasi IP kita. Coba ping semua laptop yang telah kita IP tadi.
3. Cara Mensharing Data Ke Koneksi Yang Telah Dibuat
1. Kita masuk ke network untuk memeriksa apakah konfigurasi kita sebelumnya pada tiap komputer berhasil atau tidak, dengan cara buka Windows Explorer dan klik Network. Jika koneksi yang kita buat berhasil, maka akan tampil daftar komputer yang terhubung.
2. Pilih folder yang akan kita sharing, kemudian klik kanan lalu klik Properties.
3.Setelah itu, akan muncul kotak dialog kemudian klik tab Sharing dan klik tombol share.
4. Akan muncul kotak dialog File Sharing, disini kita memilih orang/komputer yang dapat mengambil data yang kita shre dalam network. Untuk memilih semua komputer agar dapat mengambil data kita ki pilih Everyone.
5. Setelah memilih Everyone, kita harus ganti Permission level menjadi Read/Write agar setiap komputer yang adala dalam network kita dapat memodifikasi data kita. Kemudian klik tombol share.
6. Kemudian akan muncul nama folder yang telah kita share tadi, klik Done.

            Sekian artikel dari saya jika ada kesalahan atau mau bertanya dapat memberikan komentar. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.
Tags