Merakit Power Amplifier Sendiri Dengan Mudah Bagi Pemula


Selamat datang teman-teman semua di artikel saya, kali ini saya akan memberikan cara mudah untuk membuat power amplifier sendiri yang sederhana dan mempunyai kualitas seperti power amplifier yang dijual dipasaran.
Gambar terkait
Power amplifier ini mampu menghemat lebih daripada membeli langsung, dan kalau kita merangkai sendiri jika suatu hari nanti ada kerusakan kita bisa dengan mudah melakukan perbaikan.

Hampir semua tulisan saya perakitan power ampli dari KE 01 sampai KE 05 tidak menggunakan tone control, kenapa? karena selain menghemat biaya pembuatan, juga menghemat ruang komponen di box. selain itu untuk pengaturan bass, treble, balance sudah tersedia di MP3player, HP, laptop dll sebagai sumber musiknya.

Rangkaian di halaman ini adalah contoh power 10watt (power mini)
cukup populer di kalangan masyarakat luas. Biarpun orang-orang banyak yang tidak mengetahui kelebihan dari power ini. Kalau melihat suara yang di hasilkan dan membandingkan dengan power amplifier yang lain. Suara treble halus, medium jernih, kenceng dan bass yang di hasilkan lumayan bagus

alat dan bahan yang harus digunakan adalah:

1. BOX
fungsinya untuk tampilan luar, supaya terlihat rapi
harga : 10.000 rupiah
sifat : gak wajib, hehe kalau ada box bekas bisa digunakan




2. POWER AMPLIFIER KIT (sudah jadi)
banyak beredar di toko-toko elektronik, ini adalah power mini 100 watt (ada yang sudah dilengkapi potensiometer)
harga : biasanya 10.000 - 15.000 rupiah. fungsinya jelas, yaitu sebagai penguat gelombang suara menjadi besar.


Hasil gambar untuk kit power 10 watt       Hasil gambar untuk kit power 10 watt
                                         tanpa potensio                       dengan potensio dan soket terminal


3. TRANFORMATOR
yang mempunyai daya hingga 12 Volt. contoh: bilang aja ke penjual toko elektronik "beli TRAFO 1 AMPERE pak" nanti biasanya ditanya yang CT atau tidak? "kalau buat power sederhana ini tidak perlu CT, cukup trafo biasa aja.
fungsi trafo sendiri adalah sebagai pengubah tegangan listrik rumahan 220 Volt AC menjadi 1 - 12 volt AC atau ukuran lainnya sesuai dengan kapasitas/besarnya si trafo.
harga: 15.000 rupiah.

Hasil gambar untuk trafo 1 ampere


4. DIODE BRIGDE KOTAK (KIPROK) 5 A
fungsi si kiprok ini adalah merubah tegangan dari AC menjadi DC. kiprok adalah alat modern pengganti dioda brigde yang dulu digunakan sebagai penyearah. karena kiprok lebih simple untuk pemula,  meskipun harganya lebih mahal. trus mengapa dirubah tegangannya dari AC ke DC??? karena power amplifier kita butuhnya tegangan searah (DC). meskipun trafo teman-teman 1 atau 2 ampere tapi beli kiprok harus memiliki ukuran lebih besar, dan biasanya di toko ukuran paling kecil adalah 5 ampere.
harga: 5.000 rupiah.


4. ELCO (kapasitor elektrolit)
misanya menggunakan 4700 uF 24v
elco atau kapasitor jenis elektrolit ini adalah komponen yang dapat menyetabilkan listrik DC dan menyimpan muatan listrik, jadi ketika listrik power dicabut atau tiba2 mati listrik PLN, power masih memiliki daya yang disimpan/ masih ada suara sebentar.
harga: 3.000 rupiah
beli 1 pcs saja.





5. Kabel JACK (sesuaikan dgn headset HP anda)
(gunakan yang mono / hanya ada 2 inputan yaitu + dan -)
fungsinya jelas ya ???  hehe.
kalau kabel jack ada 4 strip berarti isi kabel ada 4: paling ujung adalah kabel R, trus L, trus MIC, trus Ground. (biasanya headset di HP).
yang isi 3 itu : R, L, Ground. biasanya digunakan untuk power/speaker stereo.
Sedangkan untuk power ini teman-teman butuh kabel cukup dengan 2 strip : isinya kabel + dan - atau (R dan Ground saja. soalnya kita kan buat power mono yang sederhana banget).
kalau mono pakai yg 2 strip





6. Speaker, bisa menggunakan size 6 inch. atau 4 inch.
jelas kan????
harga sekitar Rp 30.000
sekalian beli box speaker sesuai ukurannya.


Gambar terkait



7. Kabel penghubung listrik (jack stiker)
jelas pasti fungsinya... hehe




8. Potensiometer
digunakan untuk mengatur besar atau kecilnya inputan dari sumber musik (kadang2 terdapat satu kit dengan power ampli kit2an) kalau dalam power kit nya tidak ada maka baru beli sendiri.



LANGKAH 1:

langkah pertama adalah siapkan solder, timah, gunting dll yang akan digunakan, selanjutnya rangkailah rangkaian daya seperti berikut:

sambungkanlah jack stiker dengan inputan trafo 0-220v,
kemudian  output trafo 0 dan 12 v sambungkan ke kaki kiprok yang ada logo gelombang (logo listrik AC) seperti ini:




LANGKAH 2:
kedua kaki KIPROK lainnya + dan - (tanda listrik sudah DC jadi disebut listrik + dan -) disambungakan ke kaki ELCO + dan -

LANGKAH 3:
kemudian kabel selanjutnya dari ELCO langsung disambungkan ke inputnya POWER KIT yang ada tulisannya VCC atau tulisan kecil 0-12 v (INGAT : YANG KABEL MERAH + KE POWER YANG ADA TANDA + NYA).
seperti ini gambarnya:




LANGKAH 4:
pasang jack headset ke potensiometer, kemudian masuk ke input. ingat: bagian ujung jack headset yang agak mentol itu + dan yang bawah bagian badan itu -

kemudian sambungkan out ke speaker anda, untuk kabel speaker + dan - nya bebas bisa dibolak balik.



ini skema real full nya:








keterangan:
kabel merah sebagai daya plus (+)
kabel hitam sebagai daya minus (-)
kebel biru sebagai penghubung ke speaker
kabel hijau sebagai tanda ground
kabel orange sebagai tanda listrik AC

jika rangkaian sudah selesai masukan dalam box biar terlihat rapi
selanjutnya coba pada HP atau PC Anda. SEMOGA BERHASIL.

rangkaian ini sudah saya coba berkali-kali dan working, pasti kita lebih puas dengan buatan sendiri :-D
biaya total saya kira-kira Rp 65.000.

power ampli ini mampu mengeluarkan suara dengan kapasitas 100 watt pmpo sesuai dengan kapasitas powernya, kita bisa memodifikasi dan menambahi beberapa fitur power ini menggunakan tone control, kipas pada trafo, ataupun memperbesar wattnya dengan cara menggunakan trafo dan power lebih besar. berikut tips supaya ampli buatan anda tidak menimbulkan suara dengung

  1. Jauhkan rangkaian yang sensitif dari transformator, dimensi casing tidak terlalu kecil. Salah satu blog malah menganjurkan untuk memakai dua bok, satu bok khusus untuk transformator dan satu untuk rangkaian amplifier.
  2. Rubah posisi transformator, sisi samping menjadi sisi bawah (trafo menjadi tinggi) dengan tulisan menghadap rangkaian yang sensitif.
  3. Gunakan spacer pada amplifier setinggi setengah tinggi trafo, misalkan setinggi 2,5cm atau lebih sehingga amplifier sejajar dengan inti/pusat transformator, di sini efek medan terlemah.
  4. Usahakan ukuran kabel antara modul kanan dan kiri sama panjang dan menggunakan kabel sependek mungkin.
  5. Ganti kapasitas elco misalnya 1000uF 12 v ke 4700uF 24 v.
  6. Pastikan semua sambungan ground terhubung dengan baik.
demikianlah cara membuat dan merakit power amplifier sederhana, untuk cara membuat dengan kapasitas lebih besar akan dibahas pada artikel selanjutnya
Tags