Tutorial Cara Menggunakan TeamViewer mengendalikan Komputer dari Jauh

Mungkin anda bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan TeamViewer. TeamViewer adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk meremote (mengendalikan) PC atau laptop lain dari jarak jauh. Semua itu bisa dilakukan selagi kedua PC tersebut terhubung pada jaringan LAN maupun internet (lebih umum menggunakan jaringan internet).
Hasil gambar untuk teamviewer
Cara kerja dari aplikasi ini cukup mudah, anda hanya perlu mengetahui ID dan password yang disediakan TeamViewer pada PC yang ingin anda remote. Kemudian tinggal anda masukkan pada aplikasi TeamViewer yang terinstall pada PC anda. Tidak hanya itu, saya juga akan menjelaskan mengenai bagaimana cara remote suatu PC melalui ponsel android anda atau sebaliknya. Lebih lengkap mengenai cara menggunakan teamviewer dapat anda simak langkah-langkahnya dibawah ini:

Remote PC ke PC

1. Pertama-tama kita perlu menginstal TeamViewer di kedua PC atau laptop. Pada proses instalasi jangan lupa memilih Personal / Non-commercial use, kemudian pilih Accept – finish.
cara menggunakan teamviewer android ke pc
2. Anggap saja disini saya memiliki 2 laptop. Laptop pertama bernama Nurludfia dan laptop kedua bernama Akagami. Dalam kasus ini, saya ingin meremote laptop Akagami dari jarak jauh (remote control) menggunakan laptop Nurludfia.
3. Pada laptop Akagami, silakan buka aplikasi TeamViewer. Anda akan melihat yang namanya Your ID dan Password seperti yang telah saya garis bawahi. ID dan password tersebut dibutuhkan jika anda ingin meremote laptop Akagami dari jarak jauh.
Your ID dan Password
4. Pada laptop Nurludfia, buka juga aplikasi Teamviewer. Kemudian pada kolom Partner ID, masukkan ID laptop Akagami. Setelah itu klik Connect untuk melakukan remote pada laptop Akagami.
cara menggunakan teamviewer android ke pc
5. Masukkan password laptop Akagami (passwordnya dapat anda lihat pada langkah nomor 3). Jika sudah, klik Log On.
Pilih Log On
6. Nah sekarang anda dapat meremote laptop Akagami dari jarak jauh.
Sekarang anda dapat meremote
Jika anda ingin melakukan remote laptop Nurludfia melalui laptop Akagami, caranya sama, tinggal masukkan ID dan password laptop Nurludfia pada aplikasi TeamViewer-nya laptop Akagami.

Remote PC melalui HP android

Dalam kasus ini saya ingin meremote suatu PC atau laptop langsung melalui ponsel android saya. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya dibawah ini:
1. Download aplikasi TeamViewer for Remote Control di playstore.
teamviewer playstore
2. Jika selesai anda install, silakan dibuka aplikasi TeamViewernya. Sama halnya seperti sebelumnya, pada kolom Partner ID, masukkan ID PC atau laptop yang ingin anda remote. Pastikan aplikasi TeamViewer pada PC atau laptop yang ingin anda remote tetap terbuka. Kemudian klik Remote Control.
cara menggunakan teamviewer android ke pc
3. Masukkan password laptop yang ingin diremote. Password yang diberikan TeamViewer ya, bukan password login atau password yang lain. Kemudian klik OK.

cara remote komputer dengan teamviewer
4. Anda akan dihadapkan pada tampilan yang berisi sedikit panduan mengenai penggunaan mouse ketika meremote PC dari ponsel android anda, semisal bagaimana cara melakukan klik, melakukan drag & drop dan lain sebagainya. Langsung saja anda pilih Continue.
cara remote komputer dengan teamviewer
5. Tadah, sekarang anda dapat melakukan remote PC atau laptop langsung melalui ponsel android anda.
sekarang anda dapat melakukan remote PC atau laptop

Remote HP android dari PC

Dalam kasus ini saya ingin melakukan remote HP android saya dari laptop yang saya gunakan. Bagaimana cara melakukannya? Simak langkah-langkahnya dibawah ini:
1. Terlebih dahulu anda harus menginstall aplikasi TeamViewer QuickSupport melalui playstore.
menginstall aplikasi TeamViewer QuickSupport
2. Buka aplikasi TeamViewer QuickSupport pada HP android anda, jika anda mendapat notifikasi seperti ini, klik Download.
cara remote komputer dengan teamviewer
3. Add-On ini diperlukan agar proses remote yang dilakukan berjalan maksimal. Maka dari itu, klik Install untuk menginstall Add-On sesuai merk HP anda.
klik Install untuk menginstall Add-On
4. Jika Add-On sudah berhasil diinstall. Buka kembali aplikasi TeamViewer QuickSupport pada HP android anda. Disitu anda akan melihat ID HP android anda. ID tersebut dibutuhkan agar PC atau laptop lain dapat meremote HP android anda.
ID HP Android
5. Pada laptop anda, buka aplikasi TeamViewer. Kemudian masukkan ID HP android anda, kemudian klik Connect.
tutorial teamviewer
6. Pada aplikasi TeamViewer QuickSupport (yang ada di HP android anda), pilih Allow untuk mengizinkan laptop meremote HP android anda.
pilih Allow
7. Berhasil, anda sekarang dapat meremote HP android anda dari laptop.
meremote HP android anda dari laptop
Jika anda mengalami lemot atau lag saat melakukan remote itu dikarenakan koneksi internet anda lambat, karena lancar tidaknya itu tergantung kecepatan koneksi internet. Maka dari itu, pastikan koneksi internet anda tidak bermasalah ketika ingin melakukan remote.

Itulah tutorial cara menggunakan TeamViewer untuk remote PC maupun HP android dari jarak jauh. Tidak peduli, PC atau HP android yang ingin anda remote berada di luar kota anda atau berada di lokasi yang sangat jauh, anda dapat meremotenya dengan mudah selagi kedua PC terhubung dengan internet. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya.
Tags