Cara Setting Router TP Link

 


Mau pasang router di rumah supaya seluruh anggota keluarga bisa pakai jaringan yang sama? Salah satu pilihan router yang kualitasnya bisa diandalkan adalah TP-Link. Sudah digunakan untuk kebutuhan rumah tangga dan bisnis, bikin kamu makin tertarik. Tapi bagaimana sih cara setting router TP Link yang benar?

Kelebihan router produksi TP-Link adalah variannya yang beragam banget. Jadi kita bisa pilih sendiri dari harga yang paling rendah hingga harga paling tinggi. Yang pasti, pilih yang nyaman di kantong. Supaya nggak salah, yuk cari tahu cara setting router TP-Link yang benar di bawah ini.

Cara Setting Router TP Link

Kenapa harus pakai router? Untuk digunakan seluruh anggota keluarga di rumah atau tempat usaha berskala kecil, router penting banget karena selain bisa menyalurkan jaringan yang tepat ke tiap gadget dengan kekuatan cepat, juga bisa menghemat pengeluaran kita lho. Kok bisa?

Bayangkan saja kalau kita sering beraktivitas di satu tempat yang sama. Tiap orang menggunakan paket data internet sendiri untuk kebutuhannya berselancar di dunia maya. Kalau dihitung, biaya yang dibutuhkan untuk beli paket sendiri-sendiri pasti lebih tinggi dibandingkan dengan memakai sinyal Wi-Fi dari router yang sama. Uang lebihnya bisa ditabung, lumayan juga kan?

Nah, untuk bisa menikmati jaringan internet dengan router pastinya kita harus setting router tersebut. Sebelum kamu pilih router TP-Link yang paling cocok dengan kebutuhan di rumah, pelajari dulu cara setting yang tepat. Ternyata ada dua macam cara setting router TP-Link yaitu dengan laptop dan dengan HP. Apa bedanya ya? Simak detailnya berikut ini.

Cara Setting Router TP Link (dengan Laptop / Secara General)

  • Pilih Lokasi Router yang Terbuka

Pilih lokasi yang paling pas untuk meletakkan router TP-Link yang sudah dibeli. Ada router yang bisa dipasang di dinding, ada juga yang hanya bisa diletakkan di atas meja atau rak. Yang lebih penting adalah pilih lokasi yang terbuka dan lebih mudah dijangkau dari ruang mana saja. Misalnya kalau di rumah, letakkan di ruang tengah. Jadi sinyalnya bisa ditangkap dengan mudah dari mana saja.

  • Nyalakan Router

Hal yang nggak kalah penting adalah pastikan lokasi router dekat dengan stop kontak. Karena untuk menyalakan daya router kita butuh stop kontak. Masukkan kabel daya router ke stop kontak dan nyalakan router.

  • Sambungkan Router dengan Modem

Lalu masukkan kabel ke port internet atau ke Wide Area Network (WAN). Biasanya di router warnanya abu-abu atau biru. Lalu masukkan kabel satunya ke port ethernet alau Local Area Network (LAN) yang warnanya kuning. Pastikan posisinya nggak tertukar. Kalau sampai tertukar, nantinya modem sulit mengenali router.

  • Hubungkan Router dengan PC atau Laptop

Setelah itu, hubungkan router ke PC atau laptop. Caranya dengan menghubungkannya ke port LAN yang ada di perangkatmu. Selama proses install ini, sebaiknya koneksi Wi-Fi dari router TP-Link nggak digunakan terlebih dahulu. Tujuannya supaya koneksinya tetap lancar dan stabil. Jadi setting pun bisa berjalan lebih cepat.

  • Buka Situs TP-Link

Untuk setting selengkapnya, kita harus masuk ke situs resmi TP-Link yang ada di http://linkwifi.net. Selain dari laman resminya, bisa juga gunakan alamat IP di http://192.168.1.1. Setelah masuk, log in dengan username dan password. Kalau bingung caranya, bisa buku panduan router TP-Link supaya tahu username dan password yang benar.

  • Cantumkan Data dan Konfigurasi

Sudah berhasil masuk, lalu masukkan data dan konfigurasi yang tepat berdasarkan provider internet yang kamu gunakan. Setelahnya, pastikan semua lampu indikator di router TP-Link menyala.

  • Ubah Nama Jaringan

Ubah nama jaringan dengan klik menu “Wireless 2.4 GHz” dan klik “Wireless Setting”. Lalu tinggal ubah nama jaringan sesuai selera. Gunanya untuk identitas saja, tapi sebaiknya pilih yang mudah kita ingat. Jadi kalau diperlukan sewaktu-waktu, kita nggak akan kesulitan.

  • Atur Versi

Sebelum memasukkan password, ubah dulu versinya. Pada umumnya pilih “WPA2-PSK”. Sedangkan untuk router model lainnya bisa pilih menu “Security” lalu klik “Version”, lalu pilih antara “WPA/WPA-2 Personal” atau “WPA2-PSK”.

  • Ganti Password

Supaya aman, disarankan untuk ganti password dari pabrik. Selain lebih aman, kita juga lebih mudah mengingatnya saat harus memasukkan password ke perangkat baru. Caranya gampang kok, tinggal ketik saja di kolom “Wireless Password” dan pilih password yang kamu suka.

  • Sambungkan Perangkat ke Router

Setelah setting sudah berlangsung dengan tepat dan menyala, kamu bisa langsung sambungkan jaringan router ke perangkat yang ada di rumah dan butuh internet. Mulai dari smartwatchsmartphone, tablet, laptop, PC, TV digital, dan lain-lain.



Cara Setting Router TP Link dengan HP

Kalau mau setting router TP-Link yang lebih simpel, TP-Link sudah menyediakan pengaturan via HP. Ini dia langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  • Unduh aplikasi TP Link Tether di HP kamu
  • Buka aplikasinya dan klik tepat di gambar router yang ada di bawah menu “Local Devices”
  • Masukkan password terbaru sesuai selera kamu
  • Masukkan juga passwrod baru tersebut di kolom “Konfirmasi”
  • Pilih jenis koneksi internet di menu “Quick Setup”
  • Ubah “Network Name” dan password, kalau sudah yakin klik “Next”
  • Lalu diberi kesempatan lagi untuk mengecek pilihan kita, setelah yakin baru klik “Save”
  • Tunggu beberapa saat, lalu klik “Finish”.
Tags