Susunan (Urutan) Kabel UTP Straight dan Cross Over

Susunan (Urutan) Kabel UTP Straight dan Cross Over

Urutan warna kabel UTP straight dan cross Over | Pada artikel ini, sobat akan dibantu untuk menyusun dan mengetahui urutan kabel straight dan kabel crossover. Disamping itu dilengkapi juga dengan definisi dan kelebihan dan kelemahan pada masing-masing perangkat.

Kabel utp adalah salah satu media transmisi untuk membuat sebuah jaringan lokal (Local Area Network) yang paling banyak digunakan. Di samping harganya yang relatif murah, mudah dipasang dan cukup bisa diandalkan.
Pengertian Kabel UTP
Kabel utp merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair, yang artinya kabel pasangan terbelit (twisted pair) tanpa pelindung (unshielded). Lilitan ini berfungsi sebagai eleminasi terhadap induksi dan kebocoran. Selain utp ada juga kabel stp (Shielded Twisted Pair). 
urutan warna kabel utp straight dan crossover

Jenis-Jenis Kabel UTP

Kabel utp memiliki beberapa jenis kategori yang menunjukkan jumlah kerapatan lilitan pairnya, artinya semakin tinggi kategori semakin rapat lilitan nya dan parameter lainnya:
  1. Kabel UTP Category 1, efektif digunakan untuk komunikasi telepon artinya mentransmisikan data kecepatan rendah sehingga tidak cocok untuk mentransmisikan data.
  2. Kabel UTP Category 2. Sanggup mentransmisikan data dengan kecepatan sampai dengan 4 mbps Kabel UTP Category 2.
  3. Kabel UTP Category 3. Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 10mbps. Digunakan pada  10BaseT network yang merupakan kependekan dari 10 mbps Baseband, Twisted pair..
  4. Kabel UTP Category 4.  Sanggup mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 16 mbps,  sering digunakan pada topologi token ring.
  5. Kabel UTP Category 5. Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 100 mbps..
  6. Kabel UTP Category 5e. Sanggup mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), dengan  frekwensi signal yang dapat dilewatkan sampai 100 MHz.
  7. Kabel UTP Category 6. Kecepatan data yang mampu ditransmisikan hingga 1000 mbps  (1Gbps). Frekuensi sinyal yang dapat dilewatkan sampai 200 MHz. Terdapat Separator dibuat dari bahan plastik yang fungsinya memisahkan keempat pair di dalam kabel tersebut.
  8. Kabel UTP Category 7.  gigabit Ethernet (1Gbps), frekwensi signal 400 MHz
Ada 2 jenis pemasangan kabel UTP untuk pemasangan kabel UTP yang biasanya digunakan pada njaringan komputer terutama LAN, yaitu straight throught cable dan cross over cable.
Kelebihan dan kekurangan sebuah perangkat tentu hal yang wajar, juga yang terdapat pada kabel UTP berikut ini:
Kelebihan
  1. Dibandikan dengan kabel yang lain seperti coaxial dan fiber optic, harga kabel UTP tergologn yang paling murah.
  2. Instalasi kabel UTP mudah.
  3. Jika terjadi gangguan atau kerusakan pada salah satu saluran kabel, maka tidak akan berimbas pada jaringan lainnya.
  4. Mudah dalam membuat saluran kabel karena, ukuran konektor dan kabel UTP yang tergolong kecil.
Kelemahan
  1. Adanya kemungkinan bisa disadap.
  2. Jangkauan kabel UTP hanya 100 meter jadi sangat terbatas dan kalah panjang dibandingkan dengan kabel coaxial ( 500 Meter ).
  3. Kabel UTP sendiri rentan oleh efek interferensi elektromagnetik yang asalnya dari perangkat lain.

Kabel Straight (Straight Throught Cable)

Kabel straight adalah kabel yang cara pemasangannya sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Kabel stright ini digunakan untuk menghubungkan dua device yang berbeda.
Urutan kabel utp straight pada contoh gambar dibawah ini sesuai dengan standar TIA/EIA 568B  yang paling sering dipakai. Terkadang bisa juga menggunakan standar TIA/EIA 568A seperti berikut:
susunan kabel utp straight dan cross over

Fungsi Kabel Straight

Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut :
  1. Menghubungkan antara computer dengan switch
  2. Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
  3. Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
  4. Menghubungkan switch ke router
  5. Menghubungkan hub ke router

Kabel Cross Over (Cross Over Cable)

Kabel cross over adalah kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung dua. Kabel crossover dipakai untuk menghubungkan dua device yang sama. Berikut ini gambar susunan standar kabel cross over.
susunan kabel straight dan cross over 2

Fungsi Kabel Cross Over

Contoh penggunaan kabel cross over adalah sebagai berikut :
  1. Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  2. Menghubungkan 2 buah switch
  3. Menghubungkan 2 buah hub
  4. Menghubungkan switch dengan hub
  5. Menghubungkan komputer dengan router
Dari keseluruhan 8 buah kabel pada kabel utp, hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data baik pada kabel straight maupun crossover yaitu pada kabel pin nomor 1 2 3 dan 6.

Membuat kabel Straight dan Cross Over

Jika sobat ingin membuat kabel jaringan menggunakan kabel utp, ada beberapa peralatan yang perlu sobat persiapkan yaitu:
  1. Kabel utp
  2. Connector RJ-45
  3. Crimping tools dan
  4. RJ-45 LAN Tester.
conector rj 45

cara memasang kabel straightLAN TesterPraktek membuat kabel Straight

  1. Kupas bagian ujung kabel utp kira-kira 2 cm.
  2. Buka lilitan kabel luruskan dan urutankan kabel sesuai standar TIA/EIA 368B.
  3. Setelah urutannya sesuai standar potong dan ratakan ujung kabel.
  4. Masukan kabel  yang sudah sejajar dan lurus tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan semua posisi kabel,  pastikan sudah benar.
  5. Lakukan crimping menggunakan crimping tools, dengan cara tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada  konektor RJ-45 sudah “menggigit” tiap-tiap kabel.
  6. Setelah ujung yang satu selesai,  lakukan lagi pada ujung yang lain.
  7. Langkah terakhir adalah menggunakan LAN tester untuk mengecek kabel yuang sudah sobat buat tadi. Caranya dengan memasukkan masing-masing ujung kabel  (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester.
  8. Berikutnya nyalakan dan semua lampu LED pastikan sudah menyala sesuai dengan urutan kabel yang sudah sobat buat.
  9. Gambar dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor, urutan kabel dari kiri ke kanan (pada gambar dibawah ini urutan pin kabel dimulai dari atas ke bawah).
cara membuat kabel straight dan cross
Itulah tadi penjelasan tentang Susunan (Urutan) Kabel UTP Straight dan Cross Over. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan terima kasih banyak atas kunjungannya.
Tags