Cara Membuat Link Google Drive dengan Mudah

 Cara membuat link Google Drive di bawah ini bisa membantu kamu dalam bekerja sebab platform ini dapat membagikan berbagai macam file dalam satu media penyimpanan.



Mengutip dari Apa Itu Google Drive? dalam situs lp2mp.uma.ac.id, Google Drive adalah layanan penyimpanan data yang dikembangkan oleh Google. Layanan penyimpanan cloud ini menawarkan sinkronisasi yang memudahkan pengguna.
zoom-in-whitePerbesar


Secara umum, cara membuat link Google Drive bisa dilakukan dalam beberapa langkah. Simak cara lengkapnya berikut ini:

1. Masuk ke Google Drive

Kamu bisa membuka Google Drive di perangkat laptop dan smartphone.
Jika menggunakan smartphone, kamu bisa membukanya secara langsung. Sedangkan jika menggunakan komputer atau laptop, kamu bisa mengaksesnya di situs drive.google.com.
Setelah mengakses Google Drive, selanjutnya login menggunakan akun Google milikmu.

2. Pilih atau upload file di Google Drive

Setelah berhasil login di Google Drive, kamu harus memilih atau mengunggah file yang akan dibuatkan linknya.
Cara upload file ke Google Drive cukup mudah. Ketuk ikon tambah "+" di layar kanan ponsel, lalu pilih file yang akan diunggah.
Jika sudah mengunggah file, langkah selanjutnya adalah membuat link dari file tersebut.

3. Atur dan pilih siapa saja pengguna yang akan diajak berbagi

Sebelum membuat link Google Drive, kamu bisa mengatur siapa saja pengguna yang akan kamu ajak berbagi. Kamu juga bisa membagikannya secara privat.
Caranya, tap atau ketik simbol titik tiga pada ikon file tersebut. Setelah itu, pilih opsi Bagikan untuk menambah beberapa orang yang bisa mengakses file tersebut.
Kamu juga dapat memilih menu Kelola Orang dan Link. Menu tersebut dipakai agar kamu bisa mengatur setelan link dari file yang akan dibagikan.
Langkah berikutnya adalah membuat link dari file tersebut. Caranya sebagai berikut.


  1. Bagi kamu yang menggunakan ponsel, kamu tinggal mengetuk ikon titik tiga pada file yang akan dibagikan. Salin link file tersebut. Link yang disalin itu secara otomatis menjadi link dari file yang kamu bagikan lewat Google Drive.
  2. Untuk perangkat komputer, kamu bisa klik file yang akan dibagikan. Selanjutnya, klik ikon orang dengan tanda panah untuk membagikan file tersebut.


Demikianlah cara membuat link Google Drive dengan cepat dan mudah untuk keperluan berbagi file. Setelah ini, kamu bisa langsung berbagi file yang diinginkan kepada teman atau kolega.
Tags