TERBARU :

ELEKTRONIK

DESAIN WEBLOG

KOMPUTER

» » Merancang Lampu Emergency dengan LED



Pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN terkadang menyulitkan kita beraktifitas dengan kegelapan apalagi jika pemadaman tersebut terjadi di malam hari. Jika dahulu kita menggunakan lilin dan lampu minyak sebagai penerangan alternatif, mungkin masih bisa dibayangkan saat mati lampu di malam hari kita harus terhuyung-huyung dahulu mencari lilin atau lampu minyak, selain itu dari segi ekonomis lilin dan minyak sekarang kurang menguntungkan. Lampu emergency dengan LED sebagai penerang kini banyak dijual di pasaran, langkah tersebut sangat inovatif dan ekonomis dibandingkan dengan cara sebelumnya.
 
Bagi rekan-rekan yang memiliki hobi eksperimen elektronika berikut ini ada gambar rangkaian lampu emergency dengan LED sebagai penerangnya, rangkaian ini juga menggunakan komponen-komponen sederhana dan mudah didapatkan. Hal ini menjadikan rangkaian tersebut menjadi lampu emergency yang ekonomis.
 
Deskripsi:
Rangkaian di atas menggunakan 12 LED dengan intensitas cahaya yang tinggi. Rangkaian ini juga memiliki battery charger otomatis yang akan berhenti mengisi arus jika baterai sudah terisi penuh. Ketika pemadaman listrik terjadi, lampu emergency secara otomatis akan menyala dan akan mati jika listrik dari PLN sudah aktif.
 
Cara Kerja:
Rangkaian terdiri dari dua bagian yaitu catu daya charger dan LED driver. Catu daya charger dibentuk oleh IC regulator LM317 dan LED driver menggunakan transistor PNP BD140. Pada catu daya charger, tegangan input AC (220V) diturunkan oleh trafo step down 9V 500mA kemudian arus AC tersebut disearahkan melalui dioda bridge (IN4007 X 4). Kapasitor 1000uF/25V berfungsi sebagai filter riak tegangan agar tegangan yang dihasilkan menjadi lebih smooth.
 
Tegangan yang sudah disearahkan tersebut terhubung pada pin 3 IC LM317 dan tegangan output dari regulator ini yang akan digunakan sebagai penyuplai arus pada baterai melalui D5 dan tahanan pembatas 16 ohm 5 watt. Tahanan trimpot 2,2K berfungsi untuk menyesuaikan arus yang akan disuplay ke baterai.
 
Ketika baterai sudah terisi 6,8 V, dioda zener akan menghantarkan arus charger dari regulator ke ground melalui transistor NPN BC547 sehingga proses pengisian baterai berhenti. Semua LED terhubung secara paralel dengan resistor 100 ohm yang terhubung secara seri pada masing-masing LED.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

MOHON DIPERHATIKAN

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN SOPAN

  1. Bila Berkomentar / Bertanya Gunakan Bahasa Yang Baik dan Sopan.
  2. Jangan Menambahkan Link Aktif Pada Kotak Komentar.
  3. Pertanyaan Yang Menyimpang Tidak Akan Di Jawab dan Akan Kami Hapus Segera.
  4. Tidak Melakukan Promosi / Beriklan Di Website Kami.
  5. Gunakan Nama Jelas dan Email Yang Jelas.

Terima Kasih Atas Kerjasamanya
Pimpinan LKP RIFTON METRO


SELAMAT DATANG DI WEBSITE RIFTON CENTER EDUCATION, PUSAT KURSUS KETERAMPILAN ELEKTRONIK DAN KOMPUTER | ALAMAT : JL.HASANUDDIN 21C YOSOMULYO METRO PUSAT, LAMPUNG - INDONESIA | TELP: 0858 4112 4343