Membuat Sambungan Kabel LAN

 Cara membuat kabel lan – agar terhubung antara komputer satu dengan yang lainnya, atau masih dalam area lokal (LAN) membutuhkan media penghubung seperti kabel atau tanpa kabel.

Jika menggunakan media kabel, biasanya yang digunakan adalah kabel dengan jenis (cat5, cat6) dan kabel FO (Fiber Optik) sedangkan tanpa kabel umumnya menggunakan media nirkabel (wifi) sebagai penghubungnya.

Pada pembahasan kali ini Anda akan mempelajari cara membuat kabel lan dan menghubungkan ke konektor.

Konektor yang digunakan ialah RJ45. Saat membeli perangkat network seperti access point, modem, ataupun router biasanya akan mendapat kabel lan yang berukuran pendek 1-2 meter saja. Sedangkan kebutuhan Anda lebih dari itu, lalu, bagaimana solusinya?

Solusinya adalah dengan membeli kabel lan yang lebih panjang sesuai kebutuhan dan kemudian pasangkan konektor RJ45. Namun, pada pemasangannya tidak sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan sesuai dengan standar.


Bahan-Bahan Yang Diperlukan

1. Tang crimping

Tnag crimping digunakan untuk memasang dan mengencangkan kabel yang akan dihubungkan dengan konektor RJ45.

Penggunaan tang crimping adalah hal wajib, sebab tanpa menggunakan tang, kabel dan konektor sulit untuk terhubung atau loggar.

2. Kabel LAN

Hal yang terpenting adalah kabel itu sendiri, kabel yang umumnya digunakan adalah kabel lan/UTP dengan jenis cat5 atau cat6. Di dalam kabel ini terdapat 8 kabel kecil di dalamnya dengan warna yang berbeda-beda.

3. Konektor RJ45

Konektor dibutuhkan agar kabel lan bisa masuk ke dalam port yang tersedia di komputer/laptop. Biasanya yang dibutuhkan oleh pemasangan 1 buah kabel yang memiliki 2 ujung, hanya menggunakan 2 buah konektor saja.

Dan cara pemasangannya pun beragam, bisa male to male ataupun male to female.


Cara Membuat Kabel LAN Yang Benar

1. Kabel LAN Straight

Memiliki susunan kabel ujung satu dengan ujung lainnya. Kaabel lan straight berguna untuk menghubungkan 2 jenis perangkat seperti komputer , hub, switch dll.

Cara membuat kabel lan straight

- Kupas kulit luar kabel UTP sekitar 2 cm supaya kabel yang ada di dalamnya dapat terlihat.

- Pisahkan kabel yang ada di dalam tersebut secara satu persatu kemudian luruskan. Susun dan rapikan sesuai urutan kabel straight yakni Putih Orange – Orange – Putih Hijau – Biru – Putih Biru – Hijau – Putih Cokat – Coklat.

- Masukan kabel yang telah disusun tersebut ke dalam pin konektor RJ45 hingga kabel tidak terlihat kembali.

- Crimping menggunkan tang dan kencangkan.


2. Kabel LAN Crossover

Cross LAN Cable atau Kabel LAN cross untuk penyusunan kabel berbeda antara ujung satu dengan ujung yan lainnya.


kabel Cross ini berguna untuk menghubungkan 2 jenis device yang sama secara langsung, contohnya : menghubungkan dua laptop hanya menggunakan kabel LAN cross tanpa penghubung laiannya.

Langkah membuatnya :


- Kupaslah kulit luar kabel UTP lebih kurang 2 cm hingga kabel didalamnya bisa terlihat .

- Pada kedua ujung kabel susunannya berbeda, ganti menjadi : Putih Hijau-Hijau-Putih Orange-Biru-Putih Biru-Orange-Putih Coklat-Coklat.

- Pasang ke RJ45, lalu crimping dengantang klem hingga berbunyi klik.


Sekarang Anda telah mengetahui cara membuat kabel lan yang benar, sesuaikan dengan kebutuhan Anda apakah menggunakan tipe crossover atau straight.

Tags